Minggu, 29 Juli 2012

kebaikan dan keburukan internet

Internet merupakan satu sistem komunikasi yang menyampaikan maklumat di seluruh dunia. Sistem ini boleh diperolehi melalui komputer yang disambungkan melalui taliantelefon, sistemwifidan juga melalui modem. Dalam dunia yang serba moden kala ini, seluruh masyarakat dunia berluma-lumba untuk belajar dan memiliki talian internet sendiri di rumah.
Melalui internet, kita boleh menerima maklumat dengan cepat. Dalam erti kata lain, segala-galanya berada di hujung jari dalam dunia berteknologi tinggi dewasa ini. Dengan hanya satu klik, kita boleh mengetahui perkembangan luar negeri, serta perkembangan isu semasa di Negara kita. Dengan itu, tidaklah kita menjadi seperti katak di bawah tempurung.
Sebagai pelajar yang sentiasa dahagakan ilmu pengetahuan dan akan menduduki peperiksaan SPM, Internet sememangnya satu kemudahan pembelajaran yang tidak dapat disangkal lagi keberkesanannya. Dengan adanya kemudahan internet sendiri di rumah, para pelajar dapat mengakses apa-apa  sahaja maklumat yang mereka perlukan dengan cepat dan jelas tanpa perlu bersusah payah untuk menyelak helaian buku rujukan yang tebal dan memeningkan kepala. Secara tidak langsung, suasana pembelajaran menjadi sesuatu yang menyeronokkan.
Selain mengakses maklumat melalui enjin carian, terdapat banyak lagi perkara yang boleh dilakukan dengan internet. Antara kegunaan internet yang lain adalah mencari dan memainkan muzik pilihan kita sendiri, menonton siaran televisyen melalui internet, menyertai laman sosial untuk menambahkan kenalan dan banyak lagi.
Selain membawa kebaikan, internet juga membawa keburukan terhadap penggunanya. Keseronokan melayari internet akan membuatkan kita lupa untuk memperhatikan masa. Apatah lagi sekiranya kemudahan internet ini disalahgunakan untuk kepentingan sendiri seperti menaik dan memuatturunkan gambar-gambar lucah, mencari dan mendengar lagu-lagu berbentuk rock dan blackmetal. Selain itu, kelekaan para pelajar dalam melayari laman sosia ljuga bakal memberi kesan buruk terhadap mereka sendiri. Keseronokan mendapat rakan baru di alam maya dan keseronokan ber’chatting’ bisa membuatkan mereka lupa untuk mengulangkaji pelajaran dan membuat kerja-kerja sekolah yang diberikan oleh guru.
Sebagai kesimpulannya, penggunaanperkhidmatan internet membawa kebaikan dan keburukan terhadap para penggunanya. Oleh itu, sebagai manusia yang dikurniakan akal dan fikiran, kita sendiri harus bijak menilai baik dan buruk sesuatu perkara.

KELEBIHAN & KEKURANGAN MULTIMEDIA

KELEBIHAN MULTIMEDIA DALAM PENDIDIKAN


  1. Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif

  2. Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berlangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.

  3. Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.

  4. Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.

  5. Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel

  6. Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar

  7. Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas

  8. Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.


KEKURANGAN MULTIMEDIA DALAM PENDIDIKAN


  • Biaya relative mahal untuk tahap awal

  • Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.

  • Belum memadainya perhatian dari pemerintah

  • Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu

Jumat, 20 Juli 2012

GAMBARAN UMUM PEMOGRAMAN DELPHI

GAMBARAN UMUM PEMOGRAMAN DELPHI


Borland Delphi adalah bahasa pemograman berbasis Microsoft Windows yang didesain untuk dapat memanfaatkan fasilitas Microsoft Windows dengan optimal, khususnya Microsoft Windows 9x,  Microsoft Windows 2000, Microsoft Windows ME, Microsoft Windows XP, dan Microsoft Windows NT.
Dengan fasilitas Object Oriented Programming (OOP), Delphi menyediakan object-object yang berguna dan mudah dipakai, OOP merupakan gabungan dari object dan bahasa pemograman. Object adalah suatu komponen yang mempunyai bentuk fisik dan biasanya dapat dilihat (visual).
Bahasa pemograman dapat disebut sebagai sekumpulan teks yang mempunyai arti tertentu dan di susun dengan aturan tertentu serta untuk menjalankan tugas tertentu.


Kamis, 12 Juli 2012

Manfaat Software Interaktif

Manfaat Software Interaktif

Perkembangan Teknologi Informasi telah membawa banyak perubahan, terutama di dunia pendidikan. Baik guru, siswa maupun sekolah dituntut untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dalam proses belajar mengajar.
Salah satu hasil dari kemajuan Teknologi Informasi adalah Software Interaktif atau yang biasa disebut CD tutorial, CD belajar atau CD Interaktif. Dengan hadirnya Software Interaktif siswa dapat lebih memahami pelajaran, karena Software Interaktif didukung oleh tampilan multimedia yang tentunya akan lebih menarik dibandingkan membaca buku konvensional.

Apa itu Software Interaktif dan apa manfaatnya?

Software InteraktifSoftware Interaktif adalah sebuah software aplikasi yang berfungsi sebagai alternatif sarana pembelajaran. Software Interaktif bukanlah pengganti buku, melainkan sebagai penunjang pembelajaran yang nantinya diharapkan siswa lebih bisa memahami suatu ilmu dibandingkan hanya membaca buku.
Bentuknya yang berupa keping CD (DVD/VC) membuat Software Interaktif mudah untuk dibawa ke mana-mana, dan tentunya tidak akan membuat siswa harus membawa beban yang berat di dalam tas sekolahnya.
Game EdukasiDukungan tampilan multimedia yang menarik, tentunya akan membuat siswa semakin antusias dalam belajar dan akan lebih mudah memahami suatu pelajaran.

Game Edukasi
Belajar akan menjadi menyenangkan jika kita membuatnya seperti bermain, atau biasa disebut belajar sambil bermain (bisa disebut juga bermain sambil belajar). Salah satu bentuk lain dari Software Interaktif adalah Game Edukasi.
Dengan Game Edukasi, anak-anak tidak merasa diri mereka sedang belajar melainkan sedang bermain. Tapi tanpa mereka sadari ilmu dan wawasan mereka bertambah karena di dalam permainan telah disisipkan pengetahuan-pengetahuan yang bermanfaat untuk mereka.

Kamis, 05 Juli 2012

Peran Komputer Bagi Pendidikan Anak

Pada awalnya komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika. Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.
Sebelum memperkenalkan komputer kepada anak, orangtua maupun guru seharusnya dapat memahami perkembangan pemahaman anak, dimana pada usia 0 -2 tahun anak mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya. Kemudian usia 2 – 7 tahun anak mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol-simbol tertentu. Pada usia 7 – 12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan obyek yang tampak langsung olehnya.
Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat multimedia.
Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).