Karakteristik dan perangkat yang diperlukan oleh mobile learning antara lain adalah (Soekartawi, 2003):
- Memanfaatkan jasa teknologi elektronik; antara pendidik dan peserta didik, antar peserta didik sendiri, atau antar pendidik-pendidik, dapat berkomunikasi dengan relatif mudah dengan tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler;
- Memanfaatkan keunggulan komputer (media digital dan computer network);
- Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) disimpan di ponsel atau komputer sehingga dapat diakses oleh pendidik dan peserta didik kapan saja dan di mana saja bila yang bersangkutan memerlukannya; dan
- Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan yang dapat dilihat setiap saat di ponsel atau komputer.
Mobile learning dapat dikelompokkan dalam beberapa klasifikasi berdasarkan indikator-indikator sebagai berikut (Georgiev, 2005):
- Jenis mobile device yang didukung: notebook, Tablet PC, PDA, smartphone, atau telepon seluler.
- Jenis komunikasi nirkabel yang digunakan untuk mengakses bahan pembelajaran dan informasi administratif: GPRS, GSM, IEEE 802.11, Bluetooth, IrDA.
- Dukungan edukasi secara sinkron dan/atau asinkron, apakah pengguna dapat berkomunikasi secara sinkron (chat, komunikasi suara) atau asinkron (e-mail, SMS) dengan pengajar.
- Dukungan terhadap standar e-learning.
- Ketersediaan terhadap koneksi internet yang permanen antara sistem mobile learning dengan pengguna.
- Lokasi pengguna.
- Akses ke materi pembelajaran dan/atau layanan administratif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar